FUN FACT: DI BALIK NAMA KARAKTER DI KOMIK RIXA

By

Perjalanan ke luar angkasa adalah sebuah mimpi besar yang dimiliki hampir semua negara di dunia. Komik RIXA yang berkerjasama dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional Indonesia (LAPAN) ini dibuat sebagai bagian dari mimpi Indonesia untuk mengarungi angkasa luar. Haryadhi, kreator RIXA, menciptakan komik ini dengan riset yang mendalam, menggunakan banyak sumber referensi seperti buku dan film. Di RIXA Vol. 2 yang terbit di KOSMIK Second Orbit, Haryadhi turut juga menggandeng Maximillian Fansyuri, seorang penggemar science yang juga menulis komik berjudul Math.

 

Sejak chapter pertama, Haryadhi sudah memasukkan banyak hal yang berhubungan dengan dunia antariksa. Salah satunya adalah nama-nama karakter yang digunakan dalam cerita ini. Nama karakter penting dalam cerita punya arti khusus lho! Yuk cek istilah apa saja yang tersemat di balik nama tokoh-tokoh di komik RIXA.

 

#1 Antariksa

Sudah pasti Antariksa adalah nama yang paling penting dalam komik ini. Nama ini disematkan bagi tokoh utama. Adalah Riksa, seorang anak perempuan yang kelak menjalankan misi penting menjelajah angkasa luar. Nama ini mengandung harapan Sang Ayah agar Riksa tumbuh menjadi seorang gadis yang pintar dan kuat yang berani menggantungkan mimpi setinggi langit.

 

#2. Supernova

Siapa yang menyangka kalau ternyata nama Saparno, Ayah Riksa, sengaja dipilih Haryadhi sebagai pelesetan dari istilah ‘Supernova’. Tokoh lain yang juga memiliki nama dengan arti serupa adalah Pilot berkebangsaan Rusia dalam misi Borromean Rings, Nika Skhernovaya. Skhernovaya adalah bahasa Rusia juga berarti supernova.

 

#3 Teknologi NASA

Masih ingat Meda? Salah satu sahabat masa kecil Riksa dan tokoh yang terpenting dalam komik ini. Nama Meda ternyata diambil dari alat yang digunakan oleh NASA dalam misi penelitian Mars bernama M.E.D.A. (Mars Environmental Dynamics Analyzer).

 

#4 Karakter Fiksi

Nama Seno, yang juga merupakan sahabat masa kecil Riksa, diambil dari nama karakter  ‘Alien’ favorit Haryadhi, Xenomorph’. Xenomorph sebenarnya berasal dari bahasa latin yang berarti makhluk asing. Namun seiring dengan perkembangan bahasa, Xenomorph lebih banyak digunakan untuk makhluk angkasa luar yang menyeramkan dan kejam. Karakter ini banyak diadaptasi dalam film atau video game.

 

#5 Benda Langit dan Fenomena Alam

Karakter lain dalam komik RIXA juga berhubungan dengan benda langit dan fenomena alam. Hera, salah satu sahabat Riksa, merupakan nama yang diambil dari salah satu satelit Jupiter. Nama Binsar, Direktur LAPAN, merupakan nama yang diambil dari bahasa batak yang artinya “terbit” seperti dalam matahari terbit. Nama karakter Presiden adalah Soma Adiwaha. Soma dalam bahasa Sanskerta memiliki arti “bulan.” Nama Sang Mission Commander, Brasta jika diterjemahkan dari bahasa Sanskerta berarti “jatuh dari langit.” Kemudian nama belakang Sakti, Navigator dalam misi  Borromean Rings, adalah Palalo yang dalam bahasa Bugis artinya “penunjuk arah.” Karakter Medical Officer dalam misi Borromean Rings, Dini, memiliki nama belakang Jomantara yang dalam bahasa Sunda artinya “langit.” Nama karakter Space Elevator Specialist dalam misi Borromean Rings, Hinode, memiliki arti “matahari terbit.”

 

Wah, banyak juga yah nama karakter di komik RIXA yang tidak hanya unik, tapi juga mengandung arti yang berhubungan dengan antariksa. Kamu paling suka yang mana?

 

Baca terus RIXA di KOSMIK.ID! RIXA Vol 02 dapat dibaca di Kosmik 2nd Orbit. Bukunya sudah tersedia di toko buku terdekat.