Bingo: Seizing The Skies with Determination

By

Hei, Penduduk Bumi! Kamu yang sudah membeli Kosmik 2nd Orbit Issue #2 pastinya tahu bahwa Kosmik kembali menghadirkan komik baru berjudul “BINGO”. Komik ini mengisahkan tentang perjalanan Avi sebagai pilot perempuan pertama di Indonesia. Meskipun fiksi, beberapa kejadian dalam komik diambil dari kejadian nyata!

 

Iya, asli nyata! Meski kita memang mungkin jarang banget dengar bahwa ada perusahaan penyedia jasa transportasi menggunakan helikopter di Indonesia. Pekerjaan terkait penerbangan helikopter memang tidak begitu popular di Indonesia, ditambah kita juga gak punya sekolah penerbangan khusus helikopter. Gak heran kalau profesi pilot helikopter masih jadi salah satu profesi yang kekurangan talent muda. Dari 400-an pilot yang ada, 75 persen diantaranya kabarnya sudah memasuki atau menjelang masa pensiun.

 

Nah, ini saatnya penduduk bumi juga mengenal serba-serbi dunia penerbangan helikopter. Siapa tahu ada yang jadi tertarik beneran jadi pilot helikopter, ya kan? Akhirnya, seluruh kru Kosmik dengan penuh semangat menyambut peredaran pertama BINGO. Komik yang dibuat oleh Cessa Lafalika ini merupakan hasil kolaborasi dengan Dimas Khairi Farhan, seorang pilot helikopter di sebuah perusahaan swasta, yang berperan sebagai narasumber utama dalam komik ini.

 

bingo-cover

 

Sepanjang karirnya, Dimas banyak menemui kejadian seru yang menurutnya bakal keren kalau dituangkan dalam bentuk komik. Ide Dimas ini langsung disambut positif oleh Cessa.

 

“Saya langsung mau bikin komiknya. Banyak hal menarik dari profesi ini yang orang lain gak tahu. Pilot helikopter di Indonesia terkenal sebagai raja ‘ketok magic’ nomor 1 dalam menghadapi berbagai situasi darurat,” kata Cessa.

 

Istilah Bingo sendiri berarti alarm darurat yang menyala ketika terjadi kehabisan bahan bakar. Istilah ini dipilih untuk menunjukkan berbagai konflik dan kondisi darurat yang mewarnai komik ini, dari situasi menegangkan di tengah perjalanan udara sampai situasi darurat manajemen perusahaan penerbangan.

 

Bagi Cessa, komik ini terbilang istimewa. Dibandingkan dengan dua komik lainnya yang pernah dibuatnya, Oh Blood dan Agathology, Bingo menjadi komik dengan kekuatan data paling baik. Di komik Bingo ini, Cessa dituntut untuk sanggup memahami prosedur teknis dunia penerbangan helikopter komersial dan budaya kerjanya. Cessa harus menuangkan kisah kehidupan seorang pilot helikopter dengan cara yang paling menarik, sembari mempelajari perkembangan industri ini.

 

Komik ini direncanakan terbit setidaknya dalam tiga volume. “Bergantung dengan respons publik, saya rencanakan bisa terbit dalam tiga sampai lima volume. Saya berharap masyarakat menyukainya,” ujar Cesaa. “Tujuan saya bikin komik ini sebenarnya cuma mau share cerita yang menarik. Itu yang paling penting. Selain itu tentunya saya juga berharap bisa terkenal melalui komik ini. Hahahaha,”  ungkap Cessa sembari tertawa lebar.

 

Kalau kamu penasaran gimana serunya  petualangan Avi sebagai pilot helikopter pertama di Indonesia, jangan lupa beli Kosmik 2nd Orbit Issue #2. Sudah ada di toko buku terdekat ya!