One More Bite: Kentang

By

 

Hai, sudah punya Kosmik Second Orbit Issue #3 belum? Ada komik baru berjudul Kentang, lho!. Komik karya Jhosephine Tanuwidjaya atau Jhotan ini mengisahkan tentang keseharian seorang anak SMK Tata Boga yang mempunyai cita-cita untuk menjadi juru masak handal. Ya, namanya betulan Kentang. Dia sangat menyukai makanan dan sejak kecil bercita-cita menjadi koki agar bisa menikmati berbagai berbagai macam hidangan enak. Suatu hari, dia pergi ke Jakarta untuk belajar di sebuah sekolah khusus memasak. Menurut Jhotan, nama Kentang dipilihnya karena mudah diingat dan sesuai dengan gambar tokoh berwajah bulat dan bermata lebar itu.

 

karakter Kentang dan Pandu

 

Melalui Kentang, Jho ingin menekankan tentang pentingnya perjuangan untuk mencapai sebuah cita-cita. Semua tantangan dan cobaan yang menghadang ditengah perjalanan meraih impian akan menjadi pelajaran yang berharga. Kisah Kentang diharapkan bisa menjadi pengingat kepada kita semua berhak mempunyai mimpi dan memperjuangkannya. Jangan lupa bahwa terkadang dalam mewujudkan cita-cita, kita terkadang tidak bisa sendirian.

 

Perkenalkan ini Pandu!

Sebelum terbit di majalah kompilasi KOSMIK Second Orbit, Kentang terlebih dulu terbit di platform komik online MAKKO. Kentang awalnya dibuat untuk memenuhi permintaan adanya komik drama romance untuk target pembaca perempuan. Namun pada akhirnya, komik ini justru tidak banyak menekankan unsur romance-nya.

 

Dari segi cerita maupun gambar, tidak ada perubahan yang signifikan. “Gak ada yang terlalu baru dibandingkan dengan yang pernah terbit di MAKKO. Beberapa detail memang ada yang mengalami perubahan supaya lebih relatable dengan situasi yang ada sekarang,” terang Jho.

 

Sibuknya anak tata boga memasak

 

Membuat cerita yang relatable ini memang dirasa menjadi tantangan terbesar Jhotan. Komik ini dibuat pada 2000-an awal sehingga banyak hal yang sudah tidak sesuai lagi. Menarik ketika harus menyajikan komik yang tidak terlalu kekinian, tapi tetap menarik pembaca. Hal lain yang menurutnya menarik adalah ketika memasukkan informasi dasar mengenai industri tataboga, dan drama di dalamnya menentukan bagaimana karakter-karakter itu merespons situasi-situasi tersebut.

 

Jangan lupa baca di KOSMIK 2nd Orbit ya!

 

Penasaran seperti apa Kentang karya Jhotan ini? Baca ceritanya hanya di Kosmik Second Orbit Issue #3 di toko buku terdekat ya!