Melankolia: The Solitude of Escape

By

Kalau kamu suka cerita ringan yang bisa menghubungkanmu dengan momen melankolis di hidupmu, barangkali Melankolia adalah salah satu bacaan yang tepat. Melankolia, sebuah kumpulan komik pendek, adalah cerita tentang kehidupan yang tidak melulu riuh, yang sepi, yang walaupun sederhana tetapi sekali-kali perlu dirayakan.

 

Konsep dan cerita Melankolia ditulis oleh Sakti Yuwono. Sakti kemudian berkolaborasi dengan beberapa comic artist untuk memvisualisasikan tulisannya. Bagi Sakti, Melankolia lahir sebagai sebuah pelarian dari kejenuhan rutinitas kerja yang tiap hari menderanya.

 

Kan kita sering baca banyak buku atau nonton berbagai film, terus suka gak pas sama ceritanya. Nah, Gue biasanya suka punya bayangan sendiri tentang bagaimana seharusnya cerita disajikan. Melankolia ini gue bikin untuk menuangkan ide atau bayangan gue itu. Gue gak mau hal itu hanya berputar di kepala gue,” ungkap Sakti. Lebih jauh, Sakti mengatakan bahwa tidak ada sebuah ambisi khusus dari pembuatan komik ini. Baginya, asal bisa punya karya yang paling sesuai dengan diri sendiri, itu saja sudah cukup.

 

Melankolia Seasion 1 pertama kali terbit di Facebook Page. Komik ini kemudian diunggah juga di platform KOSMIK.ID dan Webtoon. Saat ini, Melankolia Session 1 telah dicetak dan dipasarkan secara mandiri.

 

Buku komik ini terdiri dari delapan cerita pendek yang dikumpulkan Sakti selama satu tahun. Sang kreator kemudian berkolaborasi dengan empat comic artist berbeda, yang style gambarnya disesuaikan dengan jalan cerita.

 

Teaser Melankolia #2

Teaser Melankolia #2

 

Satu buku ini memiliki cerita yang bermacam-macam. Dari cerita cinta pengantar ramen yang pelik, kehidupan rumit seorang Fresh Graduate, sebuah perpisahan dengan orang terkasih, sampai cerita pengorbanan besar seorang robot.

 

Semua cerita ini dimasukan dalam satu buku tanpa pembuka dan penutup. Tokohnya muncul dan berlalu begitu saja. Ceritanya dimulai seakan tanpa kesan, dan diakhiri tanpa mengantarkan pembacanya ke manapun. Sakti berulang kali menegaskan, Melankolia memang tidak dibuat untuk mengajarkan apapun. Melankolia adalah sebuah cerita pengingat bahwa kesedihan dalam hidup adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan. Meskipun begitu, bagi Sakti dibalik segala macam kesedihan,  harapan pastilah masih ada.

 

Ketika ditanya tentang sumber inspirasi, Sakti mengaku bahwa kebanyakan inspirasinya lahir dari lagu. Lagu-lagu dari Keane, Radiohead, atau KLa Project biasanya sukses membikinnya punya banyak stok cerita.

 

“Lagu itu paling gampang ngubah mood seseorang. Biasanya ketika kepikiran pengen bikin cerita tentang sesuatu, terus nemu lagu yang pas, lagunya bakal gue puter berulang-ulang.”

 

Diantara semua ceritanya, “Mission D-serve” adalah judul yang sangat dekat dengan kehidupan Sakti. Penggambaran pengorbanan dan berbagai elemen yang ada di dalamnya punya kaitan erat dengan pengalaman pribadinya. “Ini semacam sisi kehidupan gue yang gak orang lain tahu. Orang mengira itu bercerita tentang gue sama seseorang, tapi sebenarnya bukan. Intinya cerita ini sebenernya gue banget.”

 

"Melody of Love" sudah bisa dibaca di KOSMIK.ID

“Melody of Love” sudah bisa dibaca di KOSMIK.ID

 

Nah, biar kamu makin baper, sekarang kamu juga bisa baca Melankolia Seasion 2 “Melody of Love” yang rilis perdana di KOSMIK.ID. Komik ini dibuat Sakti bersama William Davis. So, tunggu apa lagi? Yuk baca ceritanya di KOSMIK.ID :*